Total Tayangan Halaman

Minggu, 05 Juni 2011

Organisasi merupakan amanah yang harus dijaga

Terjun aktif dalam dunia organisasi pada zaman sekarang ini, mungkin kurang diminati oleh anak-anak muda. Kebanyakan anak muda zaman sekarang ini, lebih memilih pergi jalan-jalan atau pun sekedar berkumpul dengan teman-temannya. Namun tradisi yang dilakukan oleh anak-anak zaman sekarang ini, rupanya tidak berlaku pada zaman ketika Johan Gaus tumbuh menjadi seorang remaja.
Johan Gaus yang saat ini menjabat sebagai Ketua Ormas FKPPI (Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putera Puteri TNI Polri), memang sudah menghabiskan masa mudanya untuk terjun aktif dalam keorganisasian. Baginya, dalam menjalankan suatu organisasi sama saja dengan dititipkan suatu tanggung jawab dan amanah dari orang-orang banyak, yang tentunya tanggung jawab dan amanah tersebut harus dijalankan dengan sebaik-baiknya. Bukan hanya satu keorganisasian yang saat ini dijalankan oleh bapak tiga orang anak ini, selain menjadi Ketua Ormas FKPPI, Johan juga menjabat sebagai Ketua PJS Pengcab PSSI Kota Bogor, Ketua Komisi Wasid dan PP (Pengawas Pertandingan) PSSI Kota Bogor, Anggota Dewan Penasehat PSB (Persatuan Sepak Bola) Bogor, Wakil Kepala Sekolah SSJ (Sekolah Sepak Bola Jawa Barat) Unit Kota Bogor dan juga menjabat sebagai Anggota Dewan Paripurna DHC (Dewan Harian Cabang) 45. Dari sederet organisasi yang ia geluti, Johan pun nyatanya juga mendapat protes dari keluarganya, “Saya diprotes sama istri dan anak jarang di rumah, makanya segitu udah saya kurangi biar bisa banyak waktu dirumah,” ungkapnya sambil tersenyum.
Namun dari sederet keorganisasiannya tersebut, Johan tidak pernah merasa khawatir akan pembagian waktu yang tentunya akan sangat memusingkan bila tidak diatur dengan baik. Johan selalu meyakini kalau Allah memberikannya kesehatan, tentunya akan ada jalan dalam menyelesaikan serentetan tanggung jawab – tanggung jawabnya tersebut. “Saya sih menjalankan saja, Insya Allah bila diberi kesehatan semuanya akan berjalan lancar,” jelasnya singkat.
Keuletannya dalam berorganisasi, nyatanya memberikan hasil yang memuaskan untuk dirinya dan untuk orang-orang disekitarnya. Pada tahun 1992, Johan berhasil mengantarkan tim sepak bola kelompok umur 15 tahun menjadi juara dua tingkat nasional di Palembang. Pada tahun 1992 juga, Johan berhasil mengantarkan tim sepak bola golongan usia 18 tahun menjadi juara 1 tingkat nasional di Senayan. Selain itu, Johan juga berhasil membawa timnya menjadi juara 1 tingkat nasioanal di Surabaya serta dirinya juga berhasil membawa timnya mengalahkan Persebaya pada tahun 1995 di Bogor. Johan Gaus memang mencintai dunia sepak bola, terbukti dari dedikasinya terhadap organisai persepakbolaan yang sudah 26 tahun dijalaninya.


Pria yang lahir 53 tahun yang lalu ini selalu menerapkan motivasi dalam dirinya untuk dapat membawa orang dalam kebaikan, tentunya tidak ambisius apalagi memikirkan kepentingan pribadi dalam menjalankan suatu organisasi. Dirinya tidak pernah mengharapkan hal yang menguntungkan dirinya secara material, ia cukup merasa senang apabila batiniahnya terpenuhi, dengan cara dapat menjalankan organisasi sesuai dengan amanah yang diberikan masyarakat kepadanya.

Bicara mengenai materi memang tidak akan ada habisnya, karena manusia yang memiliki rasa ketidakpuasan dimana semakin besar pendapatan seseorang akan semakin besar pula biaya hidup yang akan dikeluarkan. Namun, berbicara mengenai materi, Johan mengaku sudah merasa cukup dengan yang dimilikinya, “ya kalau berbicara soal materi juga kadang ada lah kurangnya, tapi saya sangat mempercayai beramal pada hari Jumat itu Insya Allah membawa berkah,” jelasnya sambil bersyukur.
Oleh : Nadya Pramudita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar